Pesona Goa Pindul Jogja

Goa Pindul

Goa Pindul

Goa Pindul Tak Kalah Dengan Wisata Lain

Goa Pindul – Wisata alam Indonesia tidak hanya berada di Pulau Jawa atau Bali saja tetapi juga tersebar dari Sabang hingga Merauke. Jika selama ini Anda beranggapan bahwa Bali adalah pulau terindah di Indonesia karena keindahan pantainya, bisa jadi Anda salah. Karena ternyata di pulau-pulau lain masih banyak terdapat objek wisata alam yang patut Anda jelajahi.

Kunjungi wisata alam yang tak kalah keren di Jogja yaitu Goa Pindul.

Cave Tubing di Goa Pindul

Cobalah Cave Tubing yang berada di Gunung Kidul Yogyakarta. Anda akan menyusuri goa pindul dengan ban. Tiket masuk Goa Pindul juga relatif murah untuk kantong mahasiswa. Tidak diperlukan persiapan khusus untuk melakukan cave tubing di Goa Pindul. Peralatan yang dibutuhkan hanyalah ban pelampung, life vest, serta head lamp yang semuanya sudah disediakan oleh pengelola.

Cave tubing hampir sama dengan rafting. Jika rafting (arung jeram) adalah kegiatan menyusuri aliran sungai dengan menggunakan perahu, maka cave tubing adalah kegiatan menyusuri gua menggunakan ban dalam. Karena aliran air di Goa Pindul ini tenang maka melakukan cave tubing di Goa Pindul ini juga bisa dilakukan oleh pemula maupun anak kecil bahkan wanita hamil pun pernah menjalaninya.

Deskripsi Goa Pindul

Goa Pindul memiliki panjang sekitar 350 m, lebar hingga 5 m, jarak permukaan air dengan atap gua 4 m, dan kedalaman air 5-12 m. Gua ini memiliki 3 zona: zona terang, zona remang, dan zona gelap. Di zona terang, Anda bisa berenang dan lompat indah sambil melihat ikan cukup besar.

Keindahan Interior Goa Pindul

Di tengah gua ada sebuah ruangan yang agak besar, dengan lubang di atasnya. Warga setempat menyebutnya sumur terbalik. sinar matahari yang masuk melalui lubang ini membuat suasana semakin indah. Lubang di atas gua ini seringkali digunakan sebagai jalan masuk vertikal oleh anggota tim SAR atau latihan.

Saat Anda melakukan susur gua di Goa Pindul, Anda akan menemukan sebuah stalaktit yang sudah menyatu dengan stalagmit sehingga tampak seperti sebuah pilar selebar lima rentangan tangan orang dewasa (Soko Guru). Stalaktit ini merupakan terbesar di Goa Pindul dan menempati peringkat 4 di dunia. Saking besarnya, butuh 5 orang untuk melingkarinya, bahkan celahnya hanya cukup dilewati satu orang saja. Orang-orang menyebutnya sebagai tiang gua.

Keindahan semakin lengkap dengan adanya ornamen di sepanjang dinding Gua seperti mahakarya lukisan abstrak yang tak ternilai. Mata kristal lelelawar bergelantungan menghiasi lorong gua. Terdapat tirai juga yang tersusun dari tetesan air di dinding Gua.

Selain itu, ada juga stalaktit puting yang masih aktif siap menanti Anda dengan tetesan airnya yang konon bisa membuat seorang wanita menjadi cantik dan awet muda. Sedangkan bagi lelaki, konon untuk menambah vitalitas, cukup menyentuh stalaktit jantan.

Untuk Informasi Reservasi Tiket Goa Pindul, Anda dapat menghubungi kami di : 0822 2116 6114 (Erik); Pin BBM 2BA83C29 email : goapindulvacation@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

^